(27/08) Kunjungan Ilmiah tahun 2016 bertujuan untuk mengunjungi beberapa perusahaan teknologi yang ada di Indonesia, guna menambahkan wawasan seputar teknologi informasi yang berkembang. Serta sebagai referensi untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kunjungan Ilmiah dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 25 Agustus 2016. Peserta untuk Kunjungan Ilmiah yaitu Angkatan 2014 dan beberapa panitia dari Angkatan 2015. Ditemani oleh dosen pendamping, Ibu Nofiyati dan Ibu Nur Chasanah.
Peserta berkumpul di depan Gedung Dekanat Teknik untuk menuju destinasi selanjutnya, yaitu Jakarta. Kunjungan Indsutri pertama adalah Tokopedia, Jakarta Barat. Tokopedia merupakan salah satu website belanja online yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, karena kemudahannya dalam proses transaksi sehingga memudahkan pembeli untuk dapat membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan bagi penjual untuk menjual barangnya. Tujuan didirikannya Tokopedia adalah menghubungkan antara penjual dan pembeli yang memiliki jarak cukup jauh untuk saling bertatap muka, sehingga pendirinya menyediakan sebuah jembatan untuk memudahkan kedua belah pihak, untuk dapat melakukan jual-beli tanpa bertatap muka secara langsung.
Kunjungan Indsutri kedua adalah Qwords, Jakarta. Qwords merupakan penyedia layanan untuk membangun dan mengelola web hosting di Indonesia. Pada kunjungan ini, peserta diperlihatkan kinerja monitoring jaringan website berupa grafik terkait dengan website. Peserta juga ditunjukkan ruang server, dimana server-server ini berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol sebuah jaringan.
Kunjungan Industri terakhir adalah Bandung Techno Park, Bandung. Bandung Techno Park adalah elemen masyarakat yang harus menjadi penggerak bagi terbentuknya Masyarakat Informasi Indonesia (MII) sebagai bagian Masyarakat Informasi Global. Tujuan didirikannya Bandung Techno Park adalah memfasilitasi sebuah teknologi yang dibutuhkan masyarakat untuk dapat diproduksi sehingga bermanfaat untuk lingkungan disekitarnya. (AIS)